Minggu, 02 November 2014

Tips Jitu Sebelum Memulai Bisnis Waralaba



Tips Jitu Sebelum Memulai Bisnis Waralaba

Sumber gambarhttp://infonitas.com

Waralaba atau franchise sudah sampai di pelosok pedesaan. Tak percaya? Coba cek atau berkelana sebentar di daerah-daerah kecamatan dan dusun. Tara! Kemungkinan besar anda akan menemukannya. Dari yang paling bermerk dan terkenal, atau yang masih unyu-unyu baru. Hmm… berminatkah anda dengan bisnis waralaba? Mau yang modal besar atau kecil? Yang di kota yang di desa? Monggo silakan disimak tips sebelum memulai bisnis waralaba ini.
Pikirkan modal. Yes! Berapa modal yang dipunyai. Besar, kecil, menengah, sesuaikan dengan waralaba yang sudah menjerat hati anda. Minat, tak mau kan kita berbisnis jauh dari minat kita? Andai suka kuliner, simaklah berbagai waralaba tentang kopi, bakso, mie, ataupun roti dan segala macam ubo rampenya. Tak suka kuliner? Pilihlah waralaba yang lain. Karena minat membuat kita lebih survive saat jatuh bangun mengembangkan sebuah bisnis. Brand, ini menentukan support dan sistem. Sangat berhubungan dengan target dan segmen pasar yang akan di bidik. Dan kaji ulang satu sampai tiga jenis waralaba yang sejenis sebelum mantap memutuskannya. Lingkungan, melakukan riset lapangan, melihat dengan jeli kebutuhan yang sangat dibutuhkan pasar. Karena ini akan sangat berpengaruh pada konsumen yang mau meliriknya.
Dan, jangan lupa pajak. Setiap usaha tak luput dari pajak, sebelum memulai kita perlu menganalisanya. Dari ngobrol langsung dengan konsultan pajak yang juga ketua Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) wilayah Surabaya, Zeti Arina, bahwa bisnis ini termasuk royalty dengan pajak  sebesar 15%.   
Dengan melihat, menganalisa dan menelisik laba, modal, segmen pasar juga minat, kisaran pajak dipastikan waralaba yang dipilih akan bisa berjalan sesuai rencana. Setidaknya kita sudah meminimalisir kegagalan yang mungkin datang. Pertimbangankan semua secara detail, sehingga pencapaian yang diharapkan sesuai target. Libas keraguan anda, salam semangat!

2 komentar: