Minggu, 23 November 2014

4 Hal Penting Saat Nulis



4 Hal Penting Saat Nulis

                                            Sumber gambar: http://tifftastic.wordpress.com


Menulis selama berjam-jam bikin pening dan bahu pegal. Walau layar komputer maupun laptop sudah diberi filter, mata tetap capek, badan lesu dan alhasil, target harian sesuai Metrik Penulisan tidak bisa berjalan dengan sempurna. Otakpun tersendat, ketikan ngambang, ‘roh’ dari tulisan yang dihasilkan kurang greget, dan tulisanpun berasa sayur tanpa garam. Hambar sehambar-hambarnya, para fans akan lari, lama-lama karya kita bukannya berkembang malah mengerut tanpa arah yang jelas.
Jarak mata dengan layar, cara duduk yang baik dengan kursi bersandaran, itu tips cara menulis yang sudah hapal di luar kepala. Namun, ada yang harusnya ada saat kita nulis dan sering terlupa. Apa saja? Ini dia yang harus ada saat nulis: 

* Sediakan air putih, sangat penting waktu kita serius menulis. Sering lho kalau sudah asyik menulis kita malas beranjak untuk sekedar mengambil minuman. Iya apa iya, hayo?  
* Dekatkan buku-buku penting yang dibutuhkan dalam penulisan kita. Ide sering muncul dari membaca. Nah, aturlah sedemikian rupa hingga buku-buku tersebut langsung dapat kita ambil, sehingga tidak mengganggu konsentrasi kita dalam menulis.
* Olahraga sejenak, di sela-sela menulis, sempatkan untuk mengendorkan urat syaraf dengan berolahraga kecil. Tak perlu lari keliling kampung, hasilnya malah kecapekan. Cukup ice breaking ringan, apapun yang Anda suka.
* Sirkulasi udara yang baik, tentu nggak enak dong nulis dalam kamar tertutup rapat. Yang ada malah pengap, otak tak bisa bekerja maksimal. Biarkan udara mengalir lembut, nyaman. Cek ventilasi dalam keadaan baik aja tak tertutup sarang laba-laba atau apapun. Tapi semilir angin jangan malah membuat mata ngantuk, heheh. Lalu kapan nulisnya kalau malah ketiduran?
Tentunya, 4 hal tersebut menjadikan target menulis dengan Metrik Penulisan jalan terus, badan sehat, imajinasi terus berkembang tak terbatas. Hasilnya? Dahsyat!

0 komentar:

Posting Komentar