Jumat, 21 November 2014

Nulis Novel dengan Metrik



Nulis Novel dengan Metrik


Mendisiplinkan diri dalam menulis butuh ‘sesuatu’. Asumsikan kita bermimpi mampu menulis sebuah novel dalam satu bulan. Hah? Satu bulan satu novel? Nggak salah tuh? Nggak, nggak salah, bener banget, satu bulan bisa nulis sebuah novel. Caranya? Ya pakai Metrik Kepenulisan dong, metrik karya Indari Mastuti ini mampu mewujudkan mimpi kita menulis sebuah novel dalam satu bulan.


Dihitung saja sebulan ada 30 hari. Jumlah minimal halaman sebuah novel sekitar 120-150 halaman dengan spasi 1,5. Bagi  saja 120: 30 = 4 halaman. Hanya 4 halaman sehari, kecil bingit. Pagi sehalaman, siang sehalaman, sore sehalaman, malam sehalaman, nah tuntas 4 halaman. Masa masih keberatan, nggak lah ya. Dengan metrik semangat menulis bisa lebih berlipat ganda. Karena, kita bisa ngutang menulis, tapi seperti hutang yang lain, kita wajib membayarnya. Kalau hari ini kita ada acara kondangan di beberapa tempat sehingga tak sempat nulis 4 halaman. Tidak mengapa, kita bisa rapel di hari berikutnya menjadi 8 halaman. Harus, soalnya kalau tidak, kita akan keteteran sendiri bayar hutang nulis. Tak mau, kan?


Dengan disiplin dan tekad sekeras baja, insyaallah 120 halaman dalam sebulan bisa tercapai dengan mudah dan tanpa hambatan. Tapi, sebelum membagi-bagi halaman tersebut, ide, tema, judul (kalau bisa) dan alur cerita harus sudah matang dalam coretan maupun dalam file. Sehingga menulisnya bisa lancar seperti kereta. Metrik kepenulisan memang sangat memudahkan kita dalam mencapai target menulis. Yuk, maju terus pantang mundur dengan metrik!

0 komentar:

Posting Komentar