Rabu, 26 November 2014

Tak Hanya Fokus



Tak Hanya Fokus


            Sumber gambar: http://mutiaramotivasicinta.blogspot.com
Tanpa kita sadari, penjualan menjadi fokus utama dalam sebuah usaha. Tak bisa dipungkiri bahwa penjualan adalah ujung tombaknya. Dan biasanya, saat penjualan dan omset menurun, kita terlalu membabi buta meningkatkan penjualan. Terlalu fokus pada satu hal dan melupakan yang lainnya. Begitu juga dalam bisnis online, kita promo sana sini, web, blog, media sosial bla bla bla. Mencoba menambah penjualan semaksimal mungkin. Hasilnya? Biaya tinggi, omset tetap tak sesuai harapan.
Coba kita lihat dari sisi lain, selain penjualan. Di dalam usaha itu sendiri, serta eratnya sebuah kepercayaan. Cek kualitas produk, sesuaikah dengan promonya? Harganya terlalu mahal dibandingkan yang lain? Atau mungkin order banyak, tetapi penanganan kurang profesional (walaupun pemula). Hal kecil seperti inilah yang kurang mendapatkan perhatian kita. Pengiriman janji hari Senin, Jum’at baru dikirim. Pengorder tentu harap-harap cemas dan kepercayaan jelas akan luntur. Akibat terparah, mereka bisa kapok beli barang kita. Bisa juga tak ada barang, karena stok sedikit, konsumen menjadi kecewa dan malas untuk bertanya produk lainnya.
Seorang online business coach, Muri Handayani, yang bisnis online RaZha-nya sedang melambung, selalu mengoptimalkan banyak hal dalam berbisnis. Mulai dari promo, foto produk, menjalin jaringan yang kuat, serta berbagi melalui Sekolah Bisnis Online (SBO). Tak hanya mementingkan penjualan, tetapi juga segala hal baik manajemen, karyawan, dan ubo rampe bisnis online. Menjadikan bisnisnya semakin maju pesat.
Artinya, bisnis tak melulu soal penjualan dan uang. Di dalamnya ada banyak bab-bab lain, yang juga perlu mendapat sentuhan dan perhatian penuh. Terus semangat berbisnis!

0 komentar:

Posting Komentar