Kamis, 16 Oktober 2014

Keluar dari Zona



Keluar dari Zona

Nuget Tempe

Memulai bisnis karena hobi? Itu sudah biasa! Bagaimana kalau ide bisnis keluar karena kesulitan orang lain? Sering lho, tanpa kita sadari, kekuatan dalam keadaan kepepet akan memunculkan ide keren di luar zona hobi.
Dalam suatu wawancara via email dengan pakar keuangan dan investasi, yang juga Chief Operating Officer (COO) Fokus Finansial, Rina Dewi Lina, hobi tak melulu menjadi awal dari bisnis. Kesulitan di sekitar kita, tetangga misalnya, bisa memunculkan ide-ide bisnis yang tentunya sekaligus membantu kesulitan mereka.
Contoh, tidak suka memasak, apalagi hobi, tetapi karena si kecil suka bawa bekal ke sekolah, mau tidak mau kita mempersiapkan bekal buat mereka. Asumsikan saja si kecil suka nuget. Supaya lebih hemat dan sehat, kita bisa bikin sendiri nugetnya, plus kita bawakan nugget berlebih buat bekal. Nuget bisa dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak membosankan. Bisa ditambah sayuran, berbahan dasar ikan laut dan lain sebagainya.
Berawal dari sini ide muncul, walaupun kurang suka dengan masak, ternyata nugetnya disukai teman-temannya. Teman-temannya menyampaikan pada orang tuanya, lalu mereka mencari tahu nomor ponsel kita, pesan, deh. Nah, tak sadar awalan suatu bisnis sudah di depan mata, lho.
Lama-lama akan banyak pelanggan lain, walau dalam lingkup kecil. Tetap harus ada hitungan yang nyata tentang modal. Sehingga kita bisa memperhitungkan harga dari nugget atau bekal tersebut. 

                                               Hidangan spesial

Tetapi perlu diingat, jangan pernah menghabiskan uang sebagai modal. Karena menurut Ibu Rina Dewi Lina, sebuah bisnis belum tentu akan berhasil. Tetapi ketidakberhasilan adalah sebuah ongkos belajar. Dari sinilah kegunaan uang yang tidak dihabiskan tadi, tentu saja untuk merintis bisnis lainnya.
So, tak perlu merasa takut akan ketidakberhasilan, karena siapa tahu bisa merintis bisnis tanpa modal. Selalu ada cara. Keluar dari zona membuat rutinitas dan power-nya berlebih. Tak membosankan. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar