Senin, 06 Oktober 2014

Bayarlah di Muka

                                                           Bayarlah di Muka

 Sumber gambar: http://kejayaanyangindah.blogspot.com

Usaha kecil ataupun besar, selalu ada barang dagangan yang ‘tidak’ bayar di muka. Bisa bayar belakangan kalau barang habis, sekalian ambil barang lagi. Bisa pula membayar di tengah barang dagangan tinggal separo (bayarnya juga belum tentu lunas) hehe, benar apa benar, sih? Rina Dewi Lina, Chief Operating Officer (COO) Fokus Finansial mengatakan, dana memang harus dialokasikan dengan sebaik-baiknya. Sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar. Setuju banget!
Tetapi, ada yang lebih baik bayar di muka, lho? Penasaran? Tara… yup, berinfak  dan bersedekah! Itulah nvestasi yang tak ternilai harganya. Seperti firman Allah berikut ini:
“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”  (QS Al Baqarah, 2: 261)
Jadi, sebelum kita memulai melakukan aktifitas mencari sesuap nasi, sediakanlah sebuah kaleng mini, masukkan beberapa lembar rupiah semampunya ke dalam kaleng tersebut. Saat-saat tertentu, hasil dari kaleng tersebut bisa kita pilah menjadi beberapa amplop, salurkan pada orang terdekat yang sangat membutuhkannya. Tak harus banyak, semampu kita saja.
Atau, luangkan waktu membungkus setangkup roti sarapan kita, berikanlah pada seseorang yang membutuhkannya. Bisa untuk pemulung di pinggir jalan, bisa pula untuk kaum duafa yang dianggap sangat membutuhkan makanan tersebut. 
Teman, sesuatu yang sangat sederhana sering membuat kita lebih bisa berbagi dan menambah keikhlasan hati. Karena tak ada gunanya usaha dan bisnis membesar tetapi kurang berkah. Kecil, besar, asalkan berkah dan diridhoi Allah, pastinya akan membuat kita lebih mencintai semesta, beserta hiruk pikuk orang-orang di bawah kita.
Tak perlu ditunda lagi, untuk menjadi lebih besar dan besar lagi, bayarlah di muka! Insyaallah Allah akan menggantinya dengan sepuluh kali lipat, bahkan seribu kali lipat…


0 komentar:

Posting Komentar