Senin, 20 Oktober 2014

Bagi Hasil Bisnis Berhasil



Bagi Hasil Bisnis Berhasil

 Sumber gambar: http://jawabiz.com

Bekerjasama dengan orang lain dalam hal bisnis butuh pemikiran yang matang. Mulai dari kepercayaan, kedisipinan dan target awal memulai bisnis tersebut. Bisnis laundry, bisnis yang menjamur akhir-akhir ini, bisa dijadikan ide bersama. Modal yang tak seberapa besar tapi hasilnya bisa dirasakan.
Dalam perbincangan melalui email dengan Rina Dewi Lina, Chief Operation Officer (COO) PT. Fokus Finansial, dalam hal bagi hasil harus jelas sejak awal perjanjian berbisnis. Yang ideal adalah 50% - 50%. Sebagai pemodal tentunya menyediakan barang-barang yang dibutuhkan. Mulai dari hal kecil sampai besar. Mesin cuci, seterika, listrik, alas seterika, detergen, pewangi, juga barang-barang lain yang dibutuhkan untuk penjemuran, packing baju. Tidak lupa harus menerapkan standar operasional produk yang mumpuni. Sebagai pelaksana, kedisiplinan dan hubungan baik dengan pelanggan musti terus ditingkatkan. Penerimaan baju kotor dari pelanggan sampai dengan mengantar baju yang sudah diseterika, di packing lalu diantar ke pelanggan.
Dengan sistem kerjasama ini harus ada kepercayaan penuh satu dengan yang lain. Untuk meminimalisir kecurangan, pemilik modal harus melakukan pengecekan setiap bulannya. Jadi, andai ada sesuatu yang tidak sesuai langsung bisa diluruskan kembali. Indikatornya sudah jelas dari 1 kg baju dibutuhkan berapa ons pewangi juga detergen. Pegawai bisa saja membeli detergen dan pewangi sendiri. Kalau tidak terkontrol, bisnis akan timpang, kepercayaan hangus, bisnis tak berjalan sempurna.
Semua tahu, bisnis seperti ini membutuhkan jalinan kekeluargaan yang harus dijaga dengan baik. Dengan begitu, masing-masing pihak mempunyai eguh pakewuh dan rasa saling bertanggungjawab. Tentunya selama hubungan baik terjalin, bisnis bisa berjalan lancar. Tanpa kecurangan dan rasa curiga. Omset naik, dan bisa memperlebar usaha. Pendapatan bertambah, sukses pun bisa teraih. Bagi hasil, bisnis berhasil. Salam sukses!

1 komentar: