Minggu, 26 Oktober 2014

Ini Dia yang Sering Terlupa dalam Bisnis Online



Ini Dia yang Sering Terlupa dalam Bisnis Online

                  Timbangan (Sumber:http://www.leoonlineshopping.com)




Saat memulai berjualan online, kita sering terlalu sibuk dengan promo sana sini. Foto barang-barang yang akan dijual dengan spesifikasi dan harga lengkap. Mengeditnya sehingga sangat menarik minat pembaca. Seperti saran Muri Handayani, pendiri Sekolah Bisnis Online (SBO) ini mengatakan bahwa foto sangat berperan penting dalam bisnis online. Tak lupa memberi nomor handphone, nomor telpon rumah, PIN, Whatsapp, serta nomor rekening pada calon pembeli yang benar-benar serius dan mau mentranfer uangnya. Pada waktu barang sudah siap, dan calon pembeli menanyakan ongkir (ongkos kirim) berdasar berat barang, anda kelimpungan satu hal. Yap, timbangan! ho ho ho… bagaimana memberitahukan ongkir pada calon pembeli kalau timbangan saja tidak punya?
Itulah, satu hal penting yang terlupakan. Padahal calon pembeli pasti akan menanyakan ongkos kirim barang. Ongkos kirim ini berhubungan erat dengan berat barang yang akan dikirimkan. Di internet hanya tertera biaya per kilogramnya.  Artinya harus diketahui berapa berat barang tersebut. Kalau sudah ketahuan beratnya, bisa kita searching berapa jumlah ongkos kirim yang diperlukan. Hati-hati juga, timbangan yang kita punyai terkadang ada selisih dengan timbangan yang ada di wahana pengiriman barang. Perlu diperhatikan, karena jelas akan mempengaruhi harga pengiriman barang.
Berbisnis adalah berproses. Sambil jalan, akan kita temui hal-hal sepele maupun penting yang akan membuat kita lebih berkembang. Selama kita mau belajar dan belajar pantang menyerah, semuanya hanya kerikil kecil yang akan membuat kita lebih tahu detail tentang bisnis yang kita geluti. Seperti halnya timbangan. Tak mau bukan calon pembeli lari gara-gara kita lama membalas pesan tentang berapa harga ongkos kirim berdasar berat barang yang kita jual. Jangan sampai kita lari dulu ke tetangga sebelah hanya mau numpang nimbang barang. Hehehe… selain malu, business is business! Meski online dan calon pelanggan tak mengenal kita, penanganan haruslah profesional. 
Jadi, sudahkah menyiapkan timbangan untuk bisnis online anda?

1 komentar:

  1. Timbangan..barang kecil dan kadang dianggap sepele tetapi ternyata paling penting ya..he..he

    BalasHapus