Selasa, 07 Juni 2016

Serba Serbi Puasa di Kost, dari Antre sampai Kolak Hilang



Serba Serbi Puasa di Kost, dari Antre sampai Kolak Hilang

Serba serbi ramadhan saat kost di Yogyakarta memang menakjubkan. Ada cerita menarik yang selalu kuingat sampai sekarang. Kisah ini membuat kenangan tentang kost tak lekang dikenang usia.
Aku lupa entah hari keberapa di bulan ramadhan. Mendadak ada teman dengan semangat `45 ngajak berbuka ke Pizza Hut. Ragu sih, duit jatah menipis, masa makan pizza? Eh, si teman paham banget wajah memelasku. Lalu ngerayu plus embel-embel. “Gue yang traktir, deh.” Siapa sih yang sanggup nolak gratisan! 

                                                Sumber gambar: http://www.mydpbbm.com

Alhasil, jam 5 kita otw ke Pizza Hut Jl. Sudirman. Yaelah, parkiran mobil sama motor sudah penuh. Tapi kita pede aja lagi masuk dan syukurlah masih ada tempat duduk yang tersisa. Langsung pesan dan pelayan melayani dengan ramahnya, tak lupa bilang: “Ditunggu ya, Mbak, Mas.” Kami berdua mengangguk dan tersenyum kompak lalu mulai asyik ngobrol..
Sedetik, semenit, sejam, horee… suara adzan magrib pun berkumandang. Dan pesanan belum datang juga #hikss. Malah antrean makin panjang saja. Untung kubawa air mineral, kita bisa membatalkan puasa dengan minum ala kadarnya, alhamdulillah. Pesanan pizza datang setengah jam kemudian. #Maghribtelat.
Kisah kedua waktu terburu beli buka puasa habis praktikum. Jam menunjukkan pukul 5 lebih. Jalanan menjelang buka puasa selalu macet. Beli gorengan dan kolakpun musti sabar dengan antrean bejibun. Nggak perlu dorong-dorongan apalagi emosi, malah dosa.
Setelah dapat seplastik gorengan dan kolak, ngebutlah balik ke kost. Apalagi dengar adzan maghrib, makin ngebut. Yaelah sampai di kost aku melongo. Ternyata bungkusan kolak yang kucantel di motor, entahlah jatuh kemana. Nasib, nasib, pasti gara-gara naik motor ngebut di jalan gronjalan hingga nggak sadar kolak terjatuh. Untunglah gorengan beda plastik selamat, masih aman bisa buat berbuka. #Maghribtelat. Lagi dan lagi…
Nah, daripada mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan, kukasih tips jitu biar buka puasa di kost jadi lebih bermakna dan yang pasti menghindari sholat maghrib terlambat. Cekidot:

1.    Kalau mau beli makanan jauh-jauh deh sebelum magrib. Selain terhindar dari macet dan antre, juga bisa memilih makanan yang kamu sukai dengan leluasa. Jam 2-an biasanya para penjual sudah siap, kok. Tapi ya ada tapinya, dijamin makanan yang dibeli sudah nggak hangat lagi. 
2.    Pesan ke penjualnya habis sholat dhuhur. Pasti kita punya warung langganan dan kenal  baik, kan? Jadi, sesaat seelum berbuka kita bisa langsung ambil makanan pesanan kita karena sudah disiapkan oleh mereka. No antri no telat sholat maghrib.  
3.    Pesan catering. Nih lebih tepat waktu, semoga aja nggak bosan dengan menunya, oke? 
4.    Masak sendiri atau rame-rame bareng anak kost yang lain. Ini bisa dilakuin kalau sempat, karena yakin deh jadwal akademis padat banget. 
5.    Rajin ikut buka puasa bareng teman yang nggak kost. Hehe, sesekali nggak apa, kan. Buat yang bikin acara buka bersama di rumahnya, pasti pahalanya berlipat deh, amin.

Semoga dengan tips di atas, berbuka di kost nggak pake ribet dan bisa sholat maghrib berjamaah di masjid/kost. Selamat menunaikan ibadah puasa :)

11 komentar:

  1. Hahahahaa...nasib anak kodt ya bun.,jd inget 17th yll..h h..tiap tgl tua..masak rame2..menu andalan mie instan..

    BalasHapus
  2. Hahahahaa...nasib anak kodt ya bun.,jd inget 17th yll..h h..tiap tgl tua..masak rame2..menu andalan mie instan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... sama buk, menu andalan adalah mie instant :) kenangan mengharu biru ituh :)

      Hapus
    2. Makasih sudah bersedia mampir Bu Nur :)

      Hapus
  3. Huahaaa... yg nemu kolak pun bingung, sdh pecahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gonduk banget kalo inge itu Mbak, dueh... udah belinya antri, eh malah gatau kemana rimbanya :D

      Hapus
  4. hihihi, kalau bulan puasa, kami malah senang mbak, soalnya penjual pada datangin kos kami nawarin dagangannya, seru, berebut hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu masih jarang yang jemput bola Mbak. Kalo sekarang emang iya, persaingan kuliner makin terasa :)

      Hapus
  5. Bisa kok mba, makan enak ditanggal tuir. Bisa makan soto ayam, kari ayam, tom yum, bakso sapi dll, meski dalam bentuk MIE. Hihihiii... ternyata dimana2 ceritanya anak kos sama y. Judulnya mie instant mania ^^. Btw, salam kenal ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, bisa aja Mbak Rahma. Tapi bener juga ya, cepet lagi bikinnya :)
      salam kenal juga ya Mbak :)

      Hapus
  6. Yang kolak jatuh..sepertinya memang rejeki berbuka dg gorengan mba...
    Selalu ada cerita dg waktu berbuka yg telat *ga jauh berbeda dgn saya :D

    BalasHapus