Minggu, 18 Oktober 2015

6 Tips Bisnis (Bukan) Berawal dari Hobi



6 Tips Bisnis (Bukan) Berawal dari Hobi

Awalilah bisnis dari hobi. Itu kata teori. Prakteknya, terserah kita.  Wong kadang kita sendiri bingung, hobi kita apa, sih? Membaca? Memasak? Apa yang bisa dihasilkan dari itu? Bagi yang sudah berkeluarga dan punya anak. Bisnis bukan hanya coba-coba lho. Tapi memang diniatkan untuk menambah keuangan. Bisnis gagal, artinya modal melayang, atau hutang tak terbayar. Berat, ya? 


Tenang, pastinya dalam keadaan kepepet  kita punya 1000 kali energi lebih kuat dari biasanya. Kebutuhan yang mendesak apapun bisa dilakukan. Tapi ingat, jangan merugikan orang lain. Misalkan orang yang tak suka memasak akhirnya membuat warung makan. Tak masalah. Banyak jalan menuju Roma. Mau tahu tipsnya? cekidot:

1.    Jangan pernah berpikir kita tidak bisa. Ubah mindset bahwa kita bisa. 
2.    Bisnis itu mudah. Kalau kita anggap mudah, dan akan sulit kalau kita bilang sulit. Anda suka menulis, tapi Anda mau buka warung makan, plus tak bisa masak.  Rapopo, Anda bisa cari ahli masak. Artinya ada pengeluaran berlebih. Agar lebih hemat, balajar langsung saja pada ahlinya. Ke ibu mertua barangkali?
3.    Ikuti training tentang bisnis yang akan Anda jalani. Anda bisanya masak urap, tapi ingin jual bakso, nggak papa Mbakyu. Ikutilah training bikin bakso. Cari di internet segala hal yang berhubungan dengan bisnis yang akan dijalani. Karena bukan hobi, pasti banyak hal baru yang akan ditemui. Misalkan ingin buka jasa penulisan, pelajari sepak terjang “Indari Mastuti”. Sebagai “Writer Business Specialist” beliau sangat inspiratif. Lebih jelasnya klik www.indscriptcreative.com.  Sudah merasa tua? Gaptek? Belajar tak dilihat dari usia ya mom sist,  semangat  terus selama hayat masih dikandung badan. 
4.    Balajar dan tanya ke teman yang sudah sukses.
5.    Jangan merasa malu untuk memulai. Langsung action. 
6.    Ini yang harus selalu diingat, berdoa.
 
Mudah, bukan? Jadi, memulai bisnis tak tergantung hobi. Bebas jaya. Selama kita punya niat tulus ikhlas pantang menyerah, insyaallah selalu ada jalan. Salam semangat!



0 komentar:

Posting Komentar