Sabtu, 06 Desember 2014

Melejitkan Potensi, Menumbuhkan Kepercayaan Diri



Melejitkan Potensi, Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Bila seorang anak hidup dengan dukungan, ia belajar kepercayaan diri
(Adi W. Gunawan, Hypnotherapy for Children)
                                            Sumber gambar: http://www.tipscaraterbaik.com/

Bakat dan minat akan sangat mendukung anak di masa depan. Sudah tak jamannya lagi belajar di sekolah hanya soal akademik saja, ada satu sisi penting yang sering ditelantarkan selama ini, yaitu bakat dan minat anak itu sendiri. Menjadi juara kelas adalah bonus, tak ubahnya bangga sesaat dan akan kembali seperti semula. Tetapi, membina bakat yang ada pada anak tak semudah membalikkan telapak tangan. Sedari usia dini  harus dibina dan dikembangkan perlahan, melalui proses yang tak mudah, juga butuh kesabaran ekstra.
Stefi Siera Ngangi, perempuan cantik ini memimpin KiwiKids Preschool & Kindergarten, Kiwi School, serta Stefie’s House of Creativity. Ketiga sekolah ini berada di Bekasi yang dititikberatkan pada seni tari serta pendidikan usia dini. Sangat pas dengan latar belakang Siera, begitu ia biasa dipanggil, yang telah menekuni balet, operet serta modelling sejak kecil. Siera percaya, dengan membina bakat dan keunikan pada diri anak, anak tak perlu merasa terkungkung, mereka bebas berekspresi. Bisa  di bidang tari modern, daerah, seni lukis, seni musik, opera atau bahkan balet.  
Minat serta bakat yang dimiliki dan dipelajari oleh anak akan membentuk kepercayaan dirinya. Kelebihan inilah hal sangat penting baginya kelak. Anak bisa lebih mudah bergaul, lebih bangga dengan kelebihannya tanpa terkesan sombong, dan bisa berlatih mandiri. Menumbuhkan kepercayaan diri ini yang lebih sulit. Diharapkan dengan keahlian yang dimiliki, anak merasa punya sesuatu yang bisa ditonjolkan dan dia sekarang tak akan lagi berkata ‘aku bukanlah siapa-siapa’. Ia punya keberanian lebih dan semakin semangat untuk menggali potensi diri yang dimilikinya.
Selalu butuh keseimbangan dan proses panjang. Orang tua mempunyai peranan penting agar potensi yang dimiliki anak semakin terasah sempurna. Karena pada akhirnya, bukan kecerdasan dan kepandaian untuk bisa berkompetisi pada dunia yang sesungguhnya. Hanya sikap bekerjasama, penuh kepercayaan diri, dan ulet adalah bekal yang sebenar-benarnya untuk perjuangan menuju kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar