Tak Hanya Fokus
Sumber gambar: http://mutiaramotivasicinta.blogspot.com
Tanpa
kita sadari, penjualan menjadi fokus utama dalam sebuah usaha. Tak bisa
dipungkiri bahwa penjualan adalah ujung tombaknya. Dan biasanya, saat penjualan
dan omset menurun, kita terlalu membabi buta meningkatkan penjualan. Terlalu fokus
pada satu hal dan melupakan yang lainnya. Begitu juga dalam bisnis online, kita promo sana sini, web, blog,
media sosial bla bla bla. Mencoba menambah penjualan semaksimal mungkin. Hasilnya?
Biaya tinggi, omset tetap tak sesuai harapan.
Coba kita
lihat dari sisi lain, selain penjualan. Di dalam usaha itu sendiri, serta eratnya
sebuah kepercayaan. Cek kualitas produk, sesuaikah dengan promonya? Harganya
terlalu mahal dibandingkan yang lain? Atau mungkin order banyak, tetapi
penanganan kurang profesional (walaupun pemula). Hal kecil seperti inilah yang
kurang mendapatkan perhatian kita. Pengiriman janji hari Senin, Jum’at baru
dikirim. Pengorder tentu harap-harap cemas dan kepercayaan jelas akan luntur. Akibat
terparah, mereka bisa kapok beli barang kita. Bisa juga tak ada barang, karena
stok sedikit, konsumen menjadi kecewa dan malas untuk bertanya produk lainnya.
Seorang online business coach, Muri Handayani, yang
bisnis online RaZha-nya sedang
melambung, selalu mengoptimalkan banyak hal dalam berbisnis. Mulai dari promo,
foto produk, menjalin jaringan yang kuat, serta berbagi melalui Sekolah Bisnis
Online (SBO). Tak hanya mementingkan penjualan, tetapi juga segala hal baik
manajemen, karyawan, dan ubo rampe
bisnis online. Menjadikan bisnisnya
semakin maju pesat.
Artinya,
bisnis tak melulu soal penjualan dan uang. Di dalamnya ada banyak bab-bab lain,
yang juga perlu mendapat sentuhan dan perhatian penuh. Terus semangat
berbisnis!
0 komentar:
Posting Komentar